Informasi
Badan Bahasa Hadirkan Aplikasi Layanan Pegawai Berbasis Daring
admin1 - 19 Maret 2022 10:19:05
Kembali
Bogor--Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa akan segera mengfungsikan aplikasi layanan kepegawaian pada April mendatang. Aplikasi Gerbang Elektronik Sistem Informasi Terpadu (Gesit) ini merupakan salah satu sistem informasi yang dikembangkan oleh Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk kebutuhan keterbukaan proses manajemen administrasi di bidang layanan kepegawaian untuk meningkatkan kinerja pengelolaan layanan administrasi kepegawaian yang mutakhir, akuntabel, dan terpercaya.
Namun, sebelum difungsikan pada April mendatang, perlu dilakukan Uji Coba dan Finalisasi Aplikasi guna memastikan kelayakan aplikasi. Menyikapi hal tersebut, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Bagian Layanan Data dan Infomasi melaksakan kegiatan Uji Coba dan Finalisasi Aplikasi Gesit dalam Rangka Pengembangan Sistem Informasi di Hotel Savero Style, Bogor, 18—20 Maret 2022.
Kegiatan tersebut dimulai dengan laporan Penanggungjawab Layanan Data dan Informasi, Tri Indira Satya dan dibuka secara resmi oleh oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Bapak Hafidz Mukhsin. Dalam sambutannya, Sekretaris Badan mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan tersebut.
Lebih lanjut, Hafidz berpendapat bahwa gebrakan ini sangat dinantikan kehadirannya, mengingat pemerintah telah melayangkan aturan tentang layanan pemerintah berbasis internet. Adanya aplikasi yang dapat mengintegrasikan seluruh layanan kepegawaian tentu akan sangat memudahkan sehingga lebih efisien dan efektif.
Ada tiga struktur layanan dalam aplikasi GESIT antara lain Layanan Informasi Publik yaitu Layanan ini digunakan untuk pengguna publik, Layanan Informasi Pegawai yaitu Layanan ini adalah layanan untuk pegawai Badan Bahasa. Untuk masuk ke layananan ini menggunakan NIP dan kata sandi, selanjutnya Layanan Administrasi yaitu Layanan ini adalah layanan pengelolan sistem. Untuk masuk ke layanan ini menggunakan akun dan sandi.
Pada layanan Informasi publik berisi menu (Tentang Kami, Informasi Terkini,Layanan berupa Info Magang, Peraturan, Daftar Pejabat, Infografik dan Footer berupaTautan dan Kontak. Pada Layanan Administrasi berisi tentang Data Kepegawaian, Data Penilaian, Info Magang guna mengelola data magang, terdapat menu berkas surat, terdapat Prosedur Operasional Standar (POS), dan administrasi.
Sementara pada modul pada Layanan Informasi Pegawai terdapat menu riwayat yang memberikan informasi berupa Riwayat Pangkat/Golongan, Riwayat Jabatan, dan Riwayat Pendidikan. Data Riwayat dapat diakses langsung diakses dari pangkalan data Biro SDM Kemdikbudristek. Selain itu juga terdapat menu berkas, yang digunakan oleh pegawai untuk mengajukan surat permohonan pengajuan cuti dan surat permohonan pengajuan izin belajar.
Dua menu lainnya pada modul ini terdapat menu pelacakan yang berguna untuk melacak progres atau perkembangan tahapan pengajuan berkas. Menu terakhir pada modul ini adalah penilaian kepegawaian yang digunakan untuk memberikan penilaian kepada pegawai lain di Unit Kerjanya.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari tim publikasi informasi, dan tim administrator aplikasi GESIT dari Layanan Kepegawaian Badan Bahasa. Selain menguji coba kelayakan aplikasi, juga terdapat sesi diskusi tentang fitur-fitur dan menu yang akan difungsikan pada aplikasi tersebut yang diharapkan dapat dioperasikan secara matang oleh seluruh pegawai di lingkungan Badan Bahasa pada April mendatang.(DV)